Senin, 08 April 2013

DOA PAGI HARI

Bila waktu pagi datang emnyapa kita, maka kita dianjurkan oleh Rasulullah Saw. membaca do'a-do'a sebagaimana di bawah ini :
"ALLOHUMMA INNII ASHBAHTU MINKA FII NI'MATIN WA'AAFIYATIN WA SATROTIN FA ATIMMA NI'MATAKA 'ALAYYA WA 'AAFIYATAKA FID DUN-YAA WAL AAKHIROH"
Artinya :
"Ya Allah sesungguhnya aku hadapi pagi hari yang Kau berikan ini dengan keni'matan serta 'afiyah dan tertutup rapi, maka sempurnakanlah ni'mat-Mu untukku, serta 'afiyah dan tutupan Engkau di Dunia dan Akhirat'


Disamping membaca do'a-do'a diatas juga Rasulullah Saw juga mengajarkan agar pada setiap waktu pagi membaca :
"BISMILLAHIL LADZI LAA YADHURRU MA'ASMIHII SYAI-UN FIL ARDHI WA LAA FIS SAMMAA-I WA HUWAS SAMII'UL 'ALIIM"
Artinya :
"Dengan Nama Allah yang tidak berbahaya sesuatu apapun dibumi dan di langit, dan Ia Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" dibaca sebanyak 3X.

Keterangan:
Membaca do'a setiap waktu pagi ini sesuai dengan perintah Allah dalam Al-Qur'an yang terdapat dalam surat Al-A'raf ayat 205 :
"WADZKUR ROBBAKA FII NAFSIKA TADHORRU'AW WAKHIIFATAN WA DUUNAL JAHRI MINAL QAULI BILGHUDUWWI WAL AASHOOLI WA LAA TAKUM MINAL GHOOFILIIN"
Artinya :
Dan sebutlah (nnama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak menngeraskan suara, diwaktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai" (QS. Al-Araf ayat 205)

Kemudian Firman Allah dalam Surat Qof; 39
"WASABBIH BIHAMDI ROBBIKA QOBLA THULUU'ISY SYAMSI WA QOBLA GHURUUBIHA"
Artinya :
"Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelumnya terbit matahari dan sebelum terbenamnya"