Sabtu, 06 April 2013

HAKEKAT DOA

Hidup ini pada hakekatnya adalah perjuangan. berjuang mengandung makna berusaha dan bekerja untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan diri baik pada saat hidup di dunia maupun pada saat berada di akherat kelak. Hal ini akan dapat dicapai hanya dengan berusaha dan bekerja keras, sebab Allah tidak akan merubah nasib seseorang hambanya manakala seorang hambanya itu sendiri tidak berusaha memperbaiki nasibnya.

Firman Allah :
"INNALLOOHA LAA YUGHOYYIRU MAA BIQOUMIN HATAA YUGHOYYIRUU MAA BI-ANFUSIHIM"

Artinya :
"Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, hingga mereka merubahnya sendiri" (QS.Ar-Ra'du:11)

Ini berarti bahwa berusaha merupakan hal penting, namun tidaklah mutlak berhasil. keberhasilan itu adalah terletak ditangan Allah sebagai sang Khaliq yang menciptakan segala apa yang ada di alam dunia ini. karena itu manusia hanyalah berusaha dan Tuhanlah yang menentukannya. meskipun Manusia merupakan satu-satunya makhluk ciptaan Allah yang paling lengkap dibanding dengan sekian banyak makhluk hidup lain ciptaan Allah. kelengkapan yang ada pada Manusia adalah diberinya akal fikiran. dengan akal fikiran inilah Manusia diharapkan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang benar dan mana yang salah.serta mampu membedakan mana perintah dan mana yang larangann. sehingga akan didapat keselamatan dan kebahagiaan Hidup.

Namun tidaklah demikian kenyataannya yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak manusia melakukan kesalahan dan dosa. hal ini sesuai dengan kodrat manusia itu sendiri yang berdifat lemah dan tidak pernah luput dari salah dan dosa.
Nabi Muhammad Saw, bersabda:
AL INSSANU MAHALLUL KHATAA-I WAN NIS-YAAN.
Artinya :
"Manusia itu adalah bersifat salah dan pelupa"

Karena itulah Manusia dianjurkan oleh Allah agar selalu berdoa dalam setiap langkah kehidupannya.
Sebagaimana Firman Allah :
WAQOOLA ROBBUKUMUD 'UUNII, ASTAJIBLAKUM
Artinya :
"Berdo'alah kamu kepadaKu niscaya Aku akan mengabulkan do'amu. (QS.Al-Mukmin.60)

Doa yang dimaksud disini adalah menyeru, memohon, atau mengharap sesuatu dari Allah Yang Maha Pencipta. dengan kata lain BerDo'a adallah berusaha mengajukan suatu permohonan kepada Allah dengan pengharapan dan kerendahan diri.
Allah berfirman :
UD'UU ROBBAKUM TADHORRU'AW WAKHUFYATAN INNAHUU LAA YUHIBBUL MU'TADIIN
Artinya :
"Berdo'alah kepada Tuhanmu dengan merendah dan rasa takut, sungguh Tuhan tidak suka pada orang yang melampaui batas" (QS. AL-A'raf : 55)